Menu

Aloe Vera Center | Lidah Buaya Kota Pontianak Kalimantan Barat

Lidah BuayaAloe Vera Center | Lidah Buaya Kota Pontianak Kalimantan Barat

(Latin: Aloe barbadensis Milleer) merupakan sejenis tanaman berduri. Tanaman lidah buaya tak hanya bermanfaat untuk perawatan dan kesuburan rambut anda. Lidah buaya ternyata juga nikmat disantap sebagai minuman segar yang berkhasiat bagi kesehatan. Tanaman ini relatif mudah ditemui di Pontianak, Kalimantan Barat. Biasanya para petani menjual pelepah lidah buaya dengan harga seribu rupiah perkilogram.

Tidak hanya itu, seorang dokter dari zaman Yunani kuno yang bernama Dioscordes, menyebutkan jika salah satu manfaat lidah buaya yakni memiliki khasiat untuk mengobati berbagai macam jenis penyakit. Misalnya radang tenggorokan, bisul, rambut rontok, wasir, dan kulit memar, pecah-pecah serta lecet.

Lidah buaya ternyata dapat dijadikan minuman yang sangat nikmat. Caranya relatif mudah. Daun lidah buaya dibelah dan diambil dagingnya kemudian dipotong-potong menjadi kecil-kecil. Untuk menghilangkan lendirnya, lidah buaya dicuci lalu direbus hingga matang agar rasa getirnya hilang. Setelah itu potongan lidah buaya dicampur air gula atau sirup atau es batu. Maka jadilah minuman segar lidah buaya.

Beberapa unsur vitamin dan mineral di lidah buaya dapat berfungsi sebagai pembentuk antioksidan alami seperti vitamin C, vitamin E, vitamin A, magnesium dan Zinc. Antioksidan ini berguna untuk mencegah penuaan dini, serangan jantung dan berbagai penyakit degeneratif. 

Lidah Buaya Pontianak termasuk dalam jenis Aloevera Chinensis. Lidah buaya jenis ini dapat terus dipanen sampai umur 12 hingga 13 tahun. Karena jenisnya bagus dan tanahnya yang mendukung, lidah buaya ini dapat berkembang menjadi lidah buaya super karena setiap pelepahnya memiliki berat sekitar 0,8 – 1,2 kilogram. Berbeda dengan lidah buaya Amerika dan Cina yang beratnya hanya 0,5 sampai 0,6 kilogram. Setelah berumur 10 sampai 12 bulan, lidah buaya Pontianak dapat dipaneh setiap bulan. Keunggulan lidah buaya Pontianak sudah diakui dunia. Oleh karena itu, lidah buaya pontianak banyak diekspor ke luar negeri.

Khasiat / Kegunaan minuman Minuman lidah buaya  :
1. Minuman penyegar badan
2. Membantu menyembuhkan :

  • Panas dalam
  • Sariawan
  • Bibir pecah/kering
  • Nafas bau
  • Melancarkan buang air besar
  • Mulut terasa pahit

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
4. Menghilangkan keletihan
5. Menguatkan sel dan jaringan tubuh
6. Meningkatkan metabolisme tubuh
7. Menguatkan paru-paru
8. Obat kencing manis, penambah stamina, penetralisir pencernaan, luka bakar.

Artikel lainnya : Museum Negeri Pontianak , Keraton Kadariah , Tugu Khatulistiwa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *