Menu

Bingke Oleh-Oleh Khas Pontianak Kalimantan Barat

Saat bulan puasa telah tiba, tak jarang menu-menu istimewa banyak bertebaran dan menjadi incaran menjelang berbuka puasa. Istilah “berbuka dengan yang manis” menyebabkan banyak masyarakat membuat atau membeli yang rasanya manis, khususnya kue-kue. Bahkan, tiap daerah punya menu khas Ramadan.

Dahulu pembuatan kue bingke tergolong susah. Apalagi waktu itu bahan bakar untuk memanggang kue bingke hanya menggunakan kayu bakar atau arang. Oleh karenanya, tak banyak usaha kue bingke. Namun saat ini, terdapat belasan pengusaha kue bingke di Kota Pontianak.

 1300357423detail_HIDANGAN_KHAS_03-06_BINGKA_BERENDAM_APW01

Melirik ke wilayah Borneo, ada satu penganan khas Ramadan yang sangat digemari masyarakat, khususnya di daerah Pontianak. Rasanya manis dan bertekstur lembut, sehingga pas dinikmati ketika berbuka puasa. Inilah kue bingke (ada juga yang menyebut bingka) yang terbuat dari campuran telur, santan, sedikit terigu dan gula pasir. Kue tradisional ini juga populer di kalangan wisatawan yang berkunjung ke Kalimantan Barat, sehingga dijadikan  oleh-oleh khas daerah ini. Meski demikian, bingke juga telah banyak ditemukan di kota-kota besar di Indonesia, seperti Jakarta.

Bingke1

Bahan utama kue bingke pontianak ini cukup sederhana dan dapat diperoleh di warung atau pasar, seperti tepung terigu, telur, santan, gula pasir dan garam. Ada kue bingke yang dipanggang, ada pula dikukus yang dinamakan bingke berandam. Umumnya bingke dicetak bentuk daun semanggi berkelopak enam, tetapi ada juga yang berbentuk bundar. Warnanya pun beragam, mulai dari kuning, kuning kecokelatan atau hijau. Kini, variannya beragam, tidak hanya original. Ada bingke tapai, kentang, labu, pandan, nangka, kelapa muda, cokelah hingga keju. Jadi, Anda pun dapat memilih sesuai selera.

bingke

Kue bingke merupakan makanan tradisional yang terbuat dari tepung beras, telur, gula, dan santan. Sebelum disajikan, kue bingke harus dipanggang dua kali. Pertama, di atas api kompor kemudian di dalam oven untuk mematangkannya. Paling tidak butuh waktu satu jam agar kue bingke siap disantap.

Pada hari biasanya, Kue Bingke Berendam menjadi oleh-oleh khas Kota Pontianak. Namun di bulan puasa, kue ini diburu untuk menjadi menu andalan berbuka puasa. Penjual Kue Bingke mudah ditemui di pasar-pasar tradisional hingga kios-kios serta lapak-lapak pedagang dadakan yang banyak bermunculan di sejumlah kawasan di Kota Pontianak.

Baca Artikel Lainnya : Wisata Alam Danau SentarumWisata Alam Gunung Palung, Taman Nasional Baka Bukit RayaTaman Nasional Betung Kerihun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *