Menu

Bukit Jamur Bengkayang Kalimantan Barat

Memang pendakian yang telah dilalui ini tidak sehebat dan menakjubkan dibanding pengalaman di pendakian Mahameru yang mencapai ketinggian 3676 mdpl. Sejarahnya mahameru adalah sebuah gunung yang khusus bagi umat Hindu dan Budha di Indonesia pada umumnya. karena gunung ini dipersonifikasikan sebagai gunung suci yang berada di India. dalam kosmologi Hindu dan Budha Semeru berasal dari bahasa sangsekerta yang berarti Sumeru “Meru Agung” adalah pusat alam semesta baik secara fisik maupun metafisik (spiritual). Gunung ini dipercaya sebagai tempat bersemayamnya para Dewa (Siwa). Gunung ini juga dianggap sebagai “Lingga Acala” lingga yang tidak bergerak sekaligus juga berarti lingga yang bukan diciptakan oleh manusia. Dalam bahasa Jawa Kuno, Acala memang juga diartikan gunung atau karang.. Dalam Teks-teks “Purana” India yang tergolong kitab Upaweda (penjelasan lebih lanjut atas Weda) memang menyebutkan Tuhan Yang Mahatunggal bersemayam di puncak Mahameru, yang dikenal juga dengan nama Gunung Kailasa atau Gunung Himawan. Sama seperti yang pernah di katakan oleh Ken Ariestyani dalam sajaknya bersama Mahameru. “Kadang kita menemukan teman, sahabat, saudara di tempat yang tidak kita duga. Dan mungkin juga cinta. Tapi yang paling menyenangkan dalam sebuah perjalanan adalah menemukan itu semua, termasuk cinta. Apa pun bentuknya”.

DSC_9944
Nah cukup dengan puncak mahameru yang di filmkan pada film 5cm. sekarang kita lihat didaerah kalimantan yang sebenarnya daerah kalimantan ini tidak memiliki gunung melainkan hanya bukit-bukit. Ada satu daerah yang biasa disebut Bengkayang, Kalimantan Barat. Memiliki bukit yang tidak kalah menarik dari puncak Mahameru dari gunung Semeru yaitu BUKIT JAMUR.

DSC_1795

Bukit Jamur yang berada di wilayah Kalimantan tepatnya di daerah Kabupaten Bengkayang. Akhir-akhir tahun 2014 “Bukit jamur” yang terletak di kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat ramai dikunjungi oleh para pendaki, pengunjung Bukit jamur meningkat saat liburan natal kemarin, wisatawan berbondong-bondong berkemah di atas bukit. Bukit jamur merupakan salah satu wisata di Kalimantan Barat, tinggi nya mencapai 500 mdpl, di atas bukit kita bisa mendapatkan moment samudra awan pagi – pagi sekali. Untuk mencapai puncak bukit membutuhkan waktu sekitar 2 sampai 3 jam, di sepanjang perjalanan selama mendaki anda akan disuguhi pemandangan nan indah di sekitar bukit.

DSC_1812 IMG-20141230-WA0005

Banyak pendaki yang mendaki di bukit ini yang masih saja melanggar etika dalam mendaki yaitu menjaga lingkungan alam sekitarnya. Banyak sampah yang beserakan di daerah bukit dan kaki bukit sepanjang jalan yang dilewati saat mendaki ataupun saat menurun. Harapan kedepannya para pendaki akan sadar dengan menajaga keindahan alam dan melestarikan semua yang ada dilingkungan alam ini akan membuat bumi ini pantas untuk kita nikmati. Lalu cinta kami pada tanah borneo, semakin menjadi di ketinggian bukit Jamur, Bengkayang, Kalimantan Barat.

Baca Artikel Lainnya :  Vihara Bodhissatva Karaniya Metta PontianakKampung Beting Kota PontianakHutan Kota (Arboretum Sylva Untan)Tugu Digulis

3 Comments
  1. ghofirexplore 05/03/2015
  2. Adab Makan dan Minum 17/06/2015
  3. Okamura 14/09/2015

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *