Menu

Kampung Beting Pontianak Kalimantan Barat

49016807

Kampung Beting merupakan suatu peradaban kota Pontianak dimasa lalu yang masih dijaga kelestariannya hingga saat ini. Kampung Beting, sebuah nama kampung yang cukup terkenal di Kota Pontianak. Jangan pernah mengaku sebagai anak Pontianak asli kalau tidak tahu dengan Kampung Beting. Bagi sebagian orang, banyak yang mengenal Kampung Beting dari sisi gelapnya, padahal jika dicermati secara mendalam maka banyak sisi terang yang sebenarnya bisa dikreasikan dari sini. Secara geografis, Kampung Beting berlokasi di Kecamatan Pontianak Timur, tepatnya di daerah pertemuan antara Sungai Kapuas dan Sungai Landak. Kampung ini dibangun diatas sungai dengan jembatan kayu yang menghubungkan dari rumah ke rumah, sehingga terlihat bagaikan lukisan yang indah. Eksotisme kehidupan pinggir sungai begitu nyata di kampung ini, banyak aktivitas yang melibatkan unsur sungai dalam keseharian masyarakatnya. Mulai dari mandi, mencuci hingga transportasi umumnya mereka masih menggunakan sampan sebagai alat penyeberangan ke Kota Pontianak. Pada jaman dahulu, sampan merupakan sarana utama untuk menunjang aktivitas kehidupan sehari-hari menyeberangi sungai KapuasNamun seiring perkembangan jaman, masyarakat sudah menggunakan speedboat untuk beraktivitas dan berlalu lintas sehari-hari, tanpa menghilangkan keberadaan sampan yang sudah ada sejak dulu.

Kampung Beting yang berlokasi di daerah pertemuan antara Sungai Kapuas dan Sungai Landak, dengan jembatan kayu yang menghubungkan dari rumah ke rumah, terlihat bagaikan lukisan yang indah. Kampung Beting adalah suatu pemandangan yang patut dilihat. Untuk melihat Kampung Beting ini, Tidak perlu merogoh kocek anda dalam-dalam karna anda dapat menggunakan sampan umum ataupun speedboat yang melintasi Sungai Kapuas.

Sebuah Ungkapan yang lazim akan kita dengar jika berada di Kalimantan Barat ” Belum sampai ke Kote Pontianak,kalau belum sampai ke Beting nye” ini mencerminkan bahwa Kampung Beting memiliki nilai sejarah yang patut di kenang. Jika kita napak tilas asal usul berdirinya KOTA PONTIANAK, maka pasti akan kita mendapatkan hikayat Kampung Beting meski kebaradaannya pada warga sekarang abu-abu.

PELABUHAN SENGHIE 1968

Baca Artikel Lainnya :  Vihara Bodhissatva Karaniya Metta PontianakMakam Raja Batu Layang PontianakMasjid Jami’ Sultan Syarif Abdurahman PontianakPelabuhan Seng Hie

One Comment
  1. momogrosir 11/10/2015

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *