Menu

Lidah Buaya-Pontianak Kalimantan Barat

Lidah buaya sejak dulu dikenal sebagai tanaman obat berkhasiat. Meskipun biasa ditanam dalam pot sebagai tanaman hias, namun lidah buaya kerapkali digunakan untuk bahan perawatan kecantikan, dari mulai menyuburkan rambut hingga menghilangkan jerawat.

Mask-Aloe-Vera-Natural-Facial-Toner

Lidah buaya mengandung berbagai macam senyawa biologis aktif, seperti mannans asetat, polymannans, antrakuinon, berbagai lektin dan zat saponin dan senyawa antrakuinon. Senyawa antrakuinon yang terdapat pada lidah buaya merupakan zat yang dapat menangkal bakteri.

Panen daun pelepah lidah buaya umumnya baru dapat dilakukan memasuki umur tanaman 10-12 bulan. Lidah buaya yang tumbuh subur, pelepah pertama yang terletak paling bawah mempunyai ukuran panjang sekitar 40-70 cm, lebar pelepah antara 2-3 cm dan berat mencapai 0,60-1,40 kg.

Pada hamparan tanaman yang sama panen dapat dilakukan sebulan sekali sebanyak 1-2 daun pelepah. Namun petani biasanya melakukan panen pada hamparan yang sama tidak sekaligus (satu kali) mengingat tingkat pertumbuhan tanaman yang berbeda, sehingga panen dapat dilakukan beberapa kali dalam hamparan yang sama tetapi lain tanaman.

lidah

Pengembangan agribisnis lidah buaya memiliki prospek sangat bagus dilihat dari segi keterlibatan masyarakat dan manfaat yang ditimbulkannya, antara lain:
(1) Cara pembudidayaan lidah buaya relatif mudah;
(2) Mendorong tumbuhnya industri pedesaan baik sektor hulu maupun sektor hilir, sehingga dapat memperluas lapangan kerja di pedesaan;
(3) Penganeka-ragaman produknya sangat beragam dari mulai makanan dan minuman, bahan baku kosmetika, dan bahan baku obat-obatan;
(4) Nilai tambah produk hilirnya cukup besar;
(5) Permintaan produk olahannya mempunyai pasar yang bagus.

Pengembangan agribisnis lidah buaya di Indonesia terpusat di Pontianak Propinsi Kalimantan Barat. Lidah buaya juga banyak diusahakan di Pulau Jawa, tetapi skala usahanya relatif sempit dan lokasinya terpencar.

Pengembangan lidah buaya di Jawa Barat berada di daerah Bogor dan Parung. Lidah buaya di daerah tersebut dibudidayakan secara organik. Hasil produksinya digunakan sebagai bahan baku pembuatan minuman kesehatan lidah buaya.

lidah-buaya

Minuman Sari Lidah Buaya terbuat dari Sari Lidah Buaya yang kaya dengan serat dan bermanfaat bagi tubuh manusia, mempunyai kandungan zat gizi yang diperlukan tubuh dengan cukup lengkap, yaitu vitamin A, B1, B2, B3, B12, C, E, Choline, Inositol dan Asam Folat.

Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan

1. Menghilangkan Jerawat
Caranya sangat sederhana dan dapat dilakukan dirumah tanpa harus pergi keluar rumah.

2. Menghilangkan Flek Hitam
Bagi anda-anda yang memiliki flek-flek hitam diwajah karena pengaruh kosmetik atau bekas jerawat adalah metode ampun untuk menghilangkannya dengan cara alami.

3. Kesehatan Bulu Mata
Bagi anda-anda yang rajin menggunakan maskara, tentunya akan berefek pada kesehatan bulu mata anda.

4. Menyuburkan Alis
Jelly lidah buaya juga bisa digunakan untuk mempertebal alis anda. Caranya setiap tidur diolekan ke alis anda, lalu keesokan harinya dicuci bersih.

5. Perawatan Rambut
Dalam hal perawatan rambut yang telah banyak dilakukan, penggunaan lidah buaya dapat mempercepat pertumbuhan rambut, mengurangi munculnya ketombe, dan juga dapat menggantikan fungsi kondisioner dalam melembutkan rambut.

6. Perawatan Kulit
Tidak peduli jenis kulit apa yang Anda miliki, lidah buaya dikatakan memang cocok untuk semua jenis kulit karena dia memberikan supply oksigen ke sel yang bisa membangkitkan kekuatan dan menyehatkan kulit.

7. Gel bercukur
Apabila Anda ingin bercukur dengan nyaman dan aman, Anda tak harus menggunakan krim cukur.

8. Pembersih makeup
Anda boleh mencoba gel lidah buaya ini untuk membersihkan makeup Anda.

9. Melembabkan
Tak perlu bingung mencari pelembab yang alami dan aman untuk kulit sensitif. Anda cukup mencari yang berbahan lidah buaya sehingga kulit menjadi tetap dingin.

Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan

1. Mengatasi Diabetes
Konsumsi lidah buaya dengan cara tertentu akan dapat membantu Anda dalam menurunkan level gula darah untuk Anda yang menderita diabetes.

2. Mengobati Luka
Dalam menangani luka-luka ringan, lidah buaya memiliki banyak fungsi.

3. Mengobati Wasir
Siapkan setengah dari batang lidah buaya beserta dua sendok madu dan setengah cangkir air matang.

4. Melancarkan pencernaan
Pencernaan yang sehat merupakan kunci dari tubuh yang sehat sebab pencernaan yang buruk dapat berujung pada berbagai macam penyakit.

5. Mengeluarkan racun dari dalam tubuh
Sama seperti rumput laut, lidah buaya merupakan tanaman yang mengandung gelatin.

Baca Artikel Lainnya : Roti Canai atau Cane Pontianak, Kalimantan BaratBubur Pedas Melayu Sambas Kalimantan Barat, Lempok Durian Pontianak, Kalimantan BaratMadu Hutan Asli Pontianak, Kalimantan Barat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *