Menu

Madu Hutan Asli Pontianak Kalimantan Barat

1009567_202871529836439_1558615733_o

Madu hutan merupakan madu yang diproduksi madu lebah hutan dari jenis apis dorsata. Jenis lebah hutan ini hanya ada di asia dan asia tenggara. Sebagaimana namanya lebah hutan, bahwa lebah ini sangat tergantung dengan kondisi hutan, karena lebah ini mengumpulkan pollen dan nectar dari bunga hutan disekitarnya. 

Madu Hutan KalimantanKalimantan Barat selain dikenal sebagai daerah penghasil lidah buaya terbaik di dunia juga dikenal sebagai penghasil madu hutan terbaik di dunia dibawah India. Jika bicara masalah kualitas madu dan rasanya, madu hutan Kalimantan tidak kalah dengan madu hutan Riau maupun madu hutan Sumbawa. Salah satu daerah penghasil madu hutan Kalimantan Barat terbaik adalah Kapuas Hulu, tepatnya di kawasan Danau Sentarum. Disini merupakan habitat alami dari para lebah hutan liar karena hutan hujan tropis masih banyak tumbuh di kawasan ini. Karena memiliki kandungan protein dan nutrisi cukup baik, maka madu hutan liar sangat baik dikonsumsi oleh para ibu hamil, anak-anak, remaja dalam masa pertumbuhan, dan orang tua.

Di Taman Nasional Danau Sentarum, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, lebah hutan ini sudah dipelihara secara turun temurun. Sistem yang paling populer dari kawasan ini adalah memelihara dengan system “tikung”. Singkatnya sistem tikung ini adalah dengan membuat dahan tiruan untuk lebah. Meskipun ada madu dari pohon tinggi yang disebut lalau di Danau Sentarum, produksi dari tikung paling banyak.

1537849_246279708828954_7034472555083534074_o

Sekarang ini madu hutan Apis dorsata dari Danau Sentarum merupakan madu hutan terbaik di seluruh Asia dan Asia Tenggara atau bahkan mungkin di seluruh dunia. Mengapa? Karena madu hutan dari Danau Sentarum merupakan madu hutan yang merupakan satu-satunya madu hutan yang pertama kali mendapatkan sertifikat organik, tentu saja bukan hanya asli tapi juga prosesnya menerapkan system panen lestari dan proses paska panen yang higienis.

Lebih dari itu dengan memelihara madu hutan ini masyarakat petani madu menjaga kawasan hutan di kawasan Taman Nasional Danau Sentarum dari kehancuran.

Madu Hutan

Baca Artikel Lainnya : Roti Canai atau Cane Pontianak Kalimantan BaratBubur Pedas Melayu Sambas Kalimantan Barat, Lempok Durian Pontianak Kalimantan BaratBingke Oleh-Oleh Khas Pontianak Kalimantan Barat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *