Menu

Makan Santai Enak di Pondok Murmer

Beberapa waktu yang lalu saat mengunjungi Grup Kuliner, ada postingan mengenai Pondok Murmer. Karena review cukup positif, saya penasaran untuk mencobanya. Pondok Murah Meriah dijalan Prof M Yamin No 666. Nomor rukonya cukup ngeri, mengingatkan saya pada salah satu film horror Omen. Pada saat kesini ruko yang ditempati masih baru dan baru, Pondok Murmer yang eksis disini. Tempatnya bersih, disebelah kiri lesehan dan disebelah kanan menggunakan meja dan kursi.

1390649334271Saat saya datang, tempat ini tidak terlalu ramai, saya bisa segera memilih tempat duduk yang pas menurut saya, pastinya bukan lesehan hehehehe. Setelah saya duduk, pelayan segera datang dan memberikan daftar menu yang segera bisa saya pilih. Kebetulan saya melihat banyak makanan tradisional yang menggugah selera dan tadi dipapan depan saya sempat melihat menu special hari ini adalah rendang jengkol. Saya tidak sabar untuk mencicipi semua makanan.

Pesanan saya kali ini adalah, nasi uduk paket dengan ayam special pondok murmer dan 3 macam sambal. Mulai dari sambal dabu matak, sambal bajak dan sambal teri tempe kacang, ditambah dengan kwee tiaw goreng sapi, sayur keladi, sayur asem dan juga rending jengkol. Minuman saya jatuh ke es tape yang pasti seger disiang ini. Cukup banyak pesanan saya dan sayapun telah banyak menyiapkan ruang kosong untuk perut ini.

Makanan saya yang muncul pertama adalah nasi komplit beserta 3 jenis sambal dan sayur asem dengan isian ayam goreng, tahu dan tempe bacem, nasi uduk, sayur asem dan 3 jenis sambal dengan harga Rp 18.000,-. Pertama mata saya langsung tertuju dengan tampilan  saya langsung mencicipi sayur asem yang disediakan, rasanya cukup enak tapi tidak ada yang special, cuman menurut saya nangka mudanya perlu lebih lama lagi merebusnya. Untuk sambal yang disajikan, yang cukup menarik saya adalah sambal matak, rasa gurih minyak kelapa dengan dominasi rasa cabe dan bawang merah membuat rasa semakin kaya. Walaupun tidak begitu pedas tapi membuat saya bernafsu untuk makan lagi

IMG-20130925-00702Saya juga tidak sabar untuk mencoba sayur keladi yang tersaji dimangkok cantik dan pas untuk 1 porsi. Rasanya yang gurih, pedes dan sedikit asam membuat saya menyukai rasa ini. Kalau biasanya dirumah, menu ini disajikan lebih banyak umbinya, namun di Pontianak biasanya lebih banyak batang dan daunnya. Aroma daun salam yang kencang membuat makanan ini makin membuat saya ngiler. Belum lagi hidangan rending jengkol seharga Rp 5000,- ini. Membuat saya penasaran dengan rasanya. Saat pertama kali mencium, hapir tidak ada aroma jengkol, dikunyahpun lembut dan bumbu gurih pedas langsung lumer dengan jengkol. Saya suka rasa rending jengkol pondok murmer ini. Anda harus mencobanya! Yumces! Saya puas dengan sayur keladi dan rending jengkol disini.

IMG-20130925-00703Selesai mencicipi itu, saya mencoba melirik kwee tiaw goreng yang sudah saya pesan tadi. Tampilannya sangat sederhana, warnanya masih pucat dan terdapat potongan daging dan basu serta sayuran didalamnya. Saya juga melihat taburan bawang goreng dan daun bawang. Sayang sekali dalam kondisi agak dingin terdapat gumpalan lemak putih disana sini. Saya agak kurang berminat untuk mencoba, namun sepertinya ini akan sangat lengket dimulut, Saya mengurungkan niat untuk mencoba kwee tiaw goreng seharga Rp 10.000,- ini.

Saya melanjutkan mencoba es tape ketan hitam yang sangat menggoda saya, kesegarannya sudah terasa saat suapan pertama. Rasa manis dan aroma khas tape langsung memenuhi mulut saya. Hmmmm menyenangkan sekali bisa menikmati es ini saat siang begini. Saya piker ini merupakan penutup makan siang saya yang sempurna. Silakan mencoba berbagai jenis makanan disini. Banyak sekali jenis yang bisa anda nikmati dengan bahagia. Dari nilai 1-10, saya akan memberikan nilai 7,5 untuk tempat makan ini. Silakan mampir di Pondok Murmer untuk mencicipi makanan disini.

Penulis Dony Prayudi , Penikmat dan Kuliner Traveler (@dodon_jerry)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *