Menu

Makan Siang Semangat di Ayam Dadakan

Perjalanan kuliner saya terus berlanjut, banyak tempat makan yang terus berkembang di Kota Pontianak ini, semuanya berlomba lomba menyajikan makanan dengan bumbu yang khas dan memiliki signature dish nya masing masing. Bagaimana dengan pembaca tulisan saya? Apakah sudah memiliki tempat makan favoritnya masing –masing? Mudah-mudahan sudah memilikinya dengan pilihan menu yang tepat. Kalau ada dari pembaca blog saya yang suka makan dibeberapa tempat, beda dengan saya yang suka bereksperimen mencari tempat makan baru dan mencoba berbagai menu makanan baru.

   Paket Ayam Rendang dadakan

Kali ini saya mencoba menikmati makanan di Ayam Dadakan yang berada di jalan Putri Candramidi, dengan tempat parkir yang lumayan luas dan beberapa lokasi pilihan menikmati makanan, ada meja couple dan family dibagian luar dan dalam, ada juga pilihan lesehan dibagian tengah dan bagian dalam. Saay masuk beberapa pelayan akan memberikan salam secara bersama-sama dan mempersilakan untuk memilih tempat duduk setelah duduk maka pelayan segera mempersilahkan untuk memilih menu makanan dengan menyodorkan buku menu. Disini juga berusaha menghadirkan konsep alami dengan memasang beberapa anyaman bambu, ditambah lagi ada tempat bermain anak.

IMG-20130629-00465Menurut beberapa teman icip icip saya, ada beberapa makanan yang enak disini. Saya tidak segan untuk bertanya kepada pelayan, apa makanan yang paling special ditempay ini. Sang pelayan menganjurkan saya untuk menikmati ayam rendang yang merupakan andalan disini. Saya memilih ayam rendang dengan nasi uduk serta menu tambahan ayam dan tempe bacem serta tumis pakis sebagai tambahan. Tidak lupa minuman yang saya pilih adalah susu cincau dan penetral rasa, es teh tawar. Sekitar 10 menit, makanan saya mulai hadir satu persatu, pelayanan boleh dibilang cukup cepat karena saya datang lebih awal dari jam makan siang.

Tempe Tahu BacemSaya sempat penasaran kenapa namanya ayam dadakan, ternyata ini akibat dari konsep yang medadak dan segera diwujudkan, dapat terlihat pada saat saya datang masih ada beberapa pengerjaan yang sedang berjalan, kembali menuju pilihan makanan saya, ayam rendang. Memang kita lebih familiar dengan olahan daging untuk dijadikan bahan pembuatan rendang. Boleh dibilang ayam disini mempunyai tekstur yang baik tidak keras dan tidak hancur, pas untuk dinikmati. Asal sambalnya juga mendukung, pasti makanan ini bisa menjadi andalan. Jangan sampai sambal yang dihadirkan justru merusak rasa bumbu rendang. Karena menurut saya cukup susah mencari jenis sambal yang cocok dengan bumbu rendang.

Saat saya menikmati ayam rendang, sedikit aroma bumbu yang sedikit gosong, sedikit mengganggu tapi masih bisa dinikmati. Tumis kangkung yang disajikan juga cukup membuat lidah saya bergoyang. Pesanan tambahan tahu dan tempe bacemlah yang menurut saya juara di makanan kali ini, pas sekali bumbunya, pilihan dan potongan tahunya sudag tepat. Tempe dan tahu yang sudah dibacem lalu digoreng dengan minyak sebentar menciptakan rasa yang gurih dengan tempe dan tahu yang tetap lembut. Sungguh rasa yang pas. Apalagi cincau susu ini juga membuat makan siang saya benar-benar nikmat.

Cincau SusuDengan tempat yang lumayan luas disertai dengan parkir yang luas ditambah dengan disediakannya tempat bermain anak, rumah makan ini sudah cukup representatif. Saran saya, untuk makanan unggulan yang paling banyak dipesan, perlu quality control yang baik untuk tetap menjaga rasa dan kualitas. Cara memasak yang sudah benar tapi dengan sedikit keteledoran bisa memberikan efek yang berbeda dilidah pelanggan. Untuk pelanggan sendiri, lebih baik makan didalam pada saat siang hari karena cuaca yang panas dan debu trkadang cukup membantu. Dari porsi nilai 1-10 saya bisa memberikan nilai 7,5 untuk rumah makan ini. Semoga bisa menjadi referensi tempat makan di Pontianak.

Penulis Dony Prayudi , Penikmat dan Kuliner Traveler (@dodon_jerry)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *