Menu

Pantai Kijing Mempawah

Wisata pantai Kijing sejak lama telah menjadi obyek wisata primadona di Kabupaten Pontianak. Pantai ini menarik wisatawan lantaran pesisir pantainya yang penuh pohon kelapa dan pasir putih yang landai. Pantai Kijing terletakdi Mempawah Kabupaten Pontianak, Kalimantan Barat. Pantai yang sangat indah dihiasi bukit serta pepohonan yang sejuk. Ada bukit yang menghadap ke pantai dan pepohonan kelapa yang berjajar rapi, ada juga lapangan gastrek menjadi unggulan berbanding pantai lainnya. Namun beberapa hal yang perlu dibenahi yaitu tangga untuk mendaki bukit perlu diperbaiki. Karena terlihat sudah tak terawat malah rumputnya yang panjang menandakan bahwa tidak pernah ada lagi yang mendaki bukit tersebut. Selain itu, patung kuda, gajah juga sudah terlihat kusam sehingga kurang.

4028579844_307381d72d

Nama Kijing berasal dari nama sejenis kerang berbentuk kecil dan memanjang yang banyak terdapat di tepi pantai. Sebelum menjadi lokasi obyek wisata seperti sekarang. Pantai Kijing merupakan tempat hidupnya hutan mngrove dengan berbagai jenis biota laut seperti kepiting, kerang, dan sebagainya.

Di sepanjang pantai wisata Pantai Kijing, mulai dari arah Selatan hingga ke Utara yang terlihat hanya hamparan pasir putih dan rindangnya pohon kelapa sebagai tempat berteduh. Suasana pantai memang tak bisa dipungkiri memberikan keindahan tersendiri. Apalagi jika menjelang sore hari dan waktu terbenamnya sang matahari di ufuk Barat, memberikan kepuasan tersendiri bagi pengunjung.

37978388

Pantai Kijing adalah salah satu obyek wisata favorit di Kalimantan Barat. Tepatnya terletak di daerah Mempawah, Kabupaten Pontianak. Pantai yang dikelilingi bukit serta pohon kelapa ini dapat dicapai dengan menggunakan kendaraan sepeda motor atau mobil. Diperlukan waktu tempuh sekitar 3 jam dari kota Pontianak menuju ke Pantai Kijing ini. Pantai sudah dapat dilihat dari jalan raya.

 

Jalan menuju pantai sebagian besar berpanorama sawah milik penduduk setempat. Jalan raya sendiri diapit oleh pantai. Pantai di sebelah kanan merupakan lokasi track balapan motor dan penuh oleh deretan pohon kelapa. Pantai di sebelah kiri menghadap bukit dimana tersedia kantin tempat makan minum pengunjung. Dulunya Pantai Kijing adalah habitat alami hutan mangrove dengan fauna lautnya seperti kerang dan kepiting.

Baca Artikel Lainnya :  Kerajaan MempawahAir terjun Pancur Aji SanggauRaja Mempawah Opu Daeng MenambonPerayaan Hari Ulang Tahun Kota Pontianak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *