Menu

Pemilihan Bujang Dare

Dalam acara yang bertajuk “Membangun Budaya Melayu Kreatif Melalui Intelektual Modern” terpilih lah 15 Pasang Bujang dan Dare Pontianak yang telah melalui tahap penyeleksian sebelumnya dan juga telah mendapatkan berbagai materi dalam 3 hari karantina, dan salah satunya mereka mengikuti Seminar Baju Telok Belanga’ dan Baju Kurong merupakan baju khas melayu.

Dalam rangkaian Festival Budaya Bumi Khatulistiwa, setelah resmi di buka pada sore harinya, Pemilihan Bujang dan dare Wisata Khatulistiwa digelar di gedung Pontianak Convention Centre, Jalan Sultan Syarif Abdurrachman Alkadrie, Pontianak.
Peserta berasal dari berbagai daerah di Kalimantan Barat seperti, Kabupaten Bengkayang, Kota Pontianak, Kabupaten Pontianak, Singkawang, kabupaten Sekadau, Kabupaten Ketapang, Kabupaten Sintang, Kabupaten Kapuas Hulu, Kabupaten Sanggau, Kabupaten Landak dan Kabupaten Bengkayang.
Untuk menjadi Bujang dan Dare Wisata Khatulistiwa, peserta diwajibkan memiliki pengetahuan dalam bidang kehumasan, penguasaan Bahasa Inggris atau bahasa lainnya, menguasai salah satu kesenian daerah seperti tari, lagu, musik, olah raga tradisionil, dan lain sebagainya.
Tidak hanya itu, peserta juga harus menguasai pengetahuan umum kepariwisataan, politik, sosial, budaya, ekonomi, teknologi, informasi dan berkepribadian. Penampilan cat walk juga menjadi poin penting dalam penilaian juri. Busana dan tata rias pada saat grand final. Penilaian yang dilakukan tidaklah penilaian perorangan, tetapi berpasangan. Sehingga juara yang terpilih adalah juara per pasang yang mewakili kabupaten/kota. Oleh sebab itu kekompakan adalah harga yang tidak dapat ditawar.

Berbeda di tahun sebelumnya, ternyata konsep pemilihan Bujang Dare Pontianak tahun ini dengan menerapkan pengerucutan jumlah Finalis, yaitu dari 15 Pasang menjadi 7 Pasang Bujang dan Dare lalu mengerucut kembali 3 Pasang. Sedangkan yang lalu, tidak ada sistem pengerucutan.
Babak pertama, 15 Pasang Bujang dan Dare mendapatkan kesempatan untuk memperkenalkan diri di hadapan penonton dan tentunya sudah mulai dinilai loh. Lalu dengan hasil yang ketat dari dewan Juri terpilihlah 7 Pasang Bujang Dare, ini dia Finalis 7 besar dengan no. undiannya,

7 Besar Bujang 7 Besar Dare
Erik Pradana – 7
Fahriz Praditia – 23
Akbar Ramadhan – 3
Fakhri R. – 19
M. Untung – 29
Kandar A – 01
Hermawan – 21
Iffa Asrialita – 10
Demierly S. – 16
Dinda Y. – 30
Kusbandiyah – 28
Devie Setiawati – 22
Nurul Sabrina – 6
Vega Reynata – 2
Ketujuh Pasang Bujang Dare di babak berikutnya mendapatkan pertanyaan melalui undi no. juri dalam sebuah fish ball, pertanyaan yang muncul masih berkaitan dengan bidang pariwisata, budaya, sejarah, teknologi, serta pembangunan.
Pemenang dari pemilihan Bujang Dare Pontianak 2014
B00CrRDCcAI_9qu
Bujang Pontianak 2014 : Akbar Ramadhan dan Dare Pontianak 2014 : Vega Reynata

Video dari hasil Pemilihan Bujang Dare Pontianak 2014

Baca Artikel Lainnya :  Vihara Bodhissatva Karaniya Metta PontianakKampung Beting Kota PontianakHutan Kota (Arboretum Sylva Untan)Perayaan Hari Ulang Tahun Kota Pontianak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *