Menu

Perayaan Hari Ulang Tahun Kota Pontianak

Walikota Pontianak, Bapak H Sutarmidji SH, M.Hum, melalui surat edarannya Nomor 140/TU.umum/2014 mengeluarkan instruksi yang ditujukan kepada Kepala SKD Pemerintah Kota Pontianak, Pengurus PHRI Kota Pontianak, Pimpinan Perbankan, Pimpinan Media cetak dan semua elemen masyarakat untuk tetap melaksanakan tugas seperti biasanya melayani Masyarakat.

Hari ini Kamis 23 Oktober 2014 atau bertepatan dengan 28 Dzulhijjah 1435 Hijriah, kota Pontianak (Ibukota propinsi Kalimantan Barat) tepat Hari Jadi yang ke 243 (Dua Ratus Empat Puluh Tiga) tahun yang ditandai dengan membuka hutan di persimpangan Sungai Landak, Sungai Kapuas Kecil, dan Sungai Kapuas Besar untuk mendirikan balai dan rumah sebagai tempat tinggal. Pada tahun 1778 (1192 H), Syarif Abdurrahman dikukuhkan menjadi Sultan Pontianak. Letak pusat pemerintahan ditandai dengan berdirinya Masjid Jami’ (kini bernama Masjid Sultan Syarif Abdurrahman) dan Istana Kadariah yang sekarang terletak di Kelurahan Dalam Bugis, Kecamatan Pontianak Timur.

B0ohhe9CQAEvR1J

Nama Pontianak yang berasal dari Bahasa Melayu ini dipercaya ada kaitannya dengan kisah  Syarif Abdurrahman yang sering diganggu oleh hantu kuntilanak ketika beliau menyusuri Sungai Kapuas. Menurut ceritanya, Syarif Abdurrahman terpaksa melepaskan tembakan meriam untuk mengusir hantu itu sekaligus menandakan di mana meriam itu jatuh, maka di sanalah wilayah kesultanannya didirikan. Terlepas dari benar tidaknya nama Pontianak berhubungan dengan kuntilanak hal ini sudah dipercaya turun temurun. Sungguh suatu usia yang bisa dibilang sudah tidak muda lagi, namun masih junior dibandingkan dengan kota lainnya yang berusia jauh lebih “senior”.

Sejumlah pegawai negeri sipil Pemerintah Kota yang mengenakan busana daerah khas Melayu Pontianak berfoto bersama usai mengikuti upacara peringatan hari ulang tahun Kota Pontianak di Taman Alun-Alun Sungai Kapuas, Pontianak, Kalbar

Busana daerah khas Melayu Pontianak yaitu Baju Kurung untuk wanita dan Telok Belanga untuk pria tersebut, wajib digunakan oleh para pegawai negeri sipil pemerintah kota untuk menyemarakkan hari ulang tahun Kota Pontianak ke-243 yang jatuh pada tanggal 23 Oktober.

Dan malam dari hari jadi kota Pontianak, dentuman meriam karbit disusul kembang api menyemarakkan ulang tahun kota Pontianak yang ke 243 tahun. Sejak tadi pagi beredar berbagai pesan dan gambar sebagai ucapan ulang tahun untuk kota khatulistiwa di media sosial dengan hastag #PTK243. Diskon diberbagai tempat komersial, berbagai perlombaan dihelat untuk perayaan hari jadi kota equator. Selamat ulang tahun kota Pontianak. Semoga semakin jaya, semakin berkembang dengan merata. Tetap maju, tetap bersatu.

Baca Artikel Lainnya :  Vihara Bodhissatva Karaniya Metta PontianakKampung Beting Kota PontianakHutan Kota (Arboretum Sylva Untan)Pemilihan Bujang Dare Pontianak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *