Menu

Rumah Betang Pontianak-Kalimantan Barat

Bila ada berwisata ke kota Pontianak, selain menikmati wisata kuliner dengan mencicipi beberapa makanan khasnya, seperti lempok durian, minuman lidah buaya, kue bingke, kerupuk ikan belida, jangan lupa untuk mengunjungi beberapa obyek wisata budaya yang menarik, seperti Tugu Khatulistiwa, Jembatan Kapuas, Istana Kadariyah dan Rumah Betang.

Rumah Betang – adalah sebuah bentuk rumah tradisional yang menjadi rumah adat dan identitas dari Suku Dayak. Untuk melihat rumah ini, anda bisa menemukannya dengan jumlah yang cukup banyak di daerah hulu sungai, tetapi dengan adanya objek wisata Rumah Betang yang ada di kota Pontianak ini, anda tidak perlu jauh-jauh untuk menemukannya, walaupun berupa replika, tapi bentuk dan isinya menyerupai aslinya sehingga memudahkan wisatawan untuk lebih mengenal sisi kebudayaan yang ada di Kalimantan Barat.

Rumah Betang atau disebut juga rumah panjang (Long House) merupakan rumah adat suku dayak yang letaknya berada di pusat kota Pontianak, yaitu di Jalan Sutoyo bersebelahan dengan gedung Perpustakaan Daerah atau sekitar 150 meter dari rumah dinas Gubernur Kalbar.

Berbeda dengan rumah atau bangunan modern lainnya, ciri khas bangunan rumah betang adalah hampir semua bahannya terbuat dari kayu ulin, mulai dari tiang penyangga, dinding, lantai, tangga hingga atapnya. Dirumah ini juga dibuat sebuah tempat seperti aula yang menjadi tempat pertemuan para penghuni rumah betang. Tempat ini digunakan untuk aktifitas para penduduk, mulai dari mengayam, bercengkrama dan kegiatan lainnya. Di aula ini jugalah dilaksanakannya beragam kegiatan dan acara adat suku dayak.

Di hampir tiap bagian dinding di rumah ini bisa kita lihat lukisan khas suku dayak yang sangat indah. Seni dan budaya suku dayak sangat terasa di rumah betang ini. Rumah betang ini juga sering dijadikan lokasi festival adat dan budaya yang berasal dari dayak seperti naik dango dan perayaan pesta panen padi. Tak hanya festival-festival saja, berbagi sanggar kesenian juga sering menggunakan rumah ini untuk sarana berlatih mereka, misal berlatih menari. Selain nilai seni dan budayanya, rumah ini juga bersih dan terawat sehingga memberikan kenyamanan lebih pada wisatawan yang datang berkunjung.

Liburan akan terasa kurang berarti jika kita tidak mendapatkan kesan lebih, terutama di bidang budaya dan seninya. Dengan kunjungan ke Rumah Betang ini, anda akan mendapatkan beberapa pengetahuan tentang suku asli dari Kalimantan yakni suku Dayak. Jadi, masukkan Rumah Betang yang ada di kota Pontinak sebagai salah satu daftar wisata anda.

Artikel lainnya : Rumah Radakng Pontianak-Kalimantan Barat , Pusat Oleh – Oleh Kebun Sayuk , Kolam Renang Oevang Oeray , Pantai Sui Kakap Kab. Kubu Raya kalimantan Barat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *