Menu

Sumber Air Panas Sipatn Lotup Sanggau

Sumber air panas Ai Sipatn Lotup menjadi unik sebab tidak banyak sumber air panas di pulau Kalimantan.  Seperti juga sumber air panas Hantakan di Kalimantan Selatan, air panas Sajau di Kalimantan Timur, air panas Seburuk di Kalimantan Barat dan Poring Hot Spring di Sabah Malaysia, secara geologis pulau Kalimantan tidak mempunyai gunung berapi sehingga sumber air panas tersebut berasal dari mata air yang dipanaskan oleh panas bumi (geotermal).

 photo-0160

Keunikan  sumber air panas SIPATN LOTUP ini berasal dari mata air yang di panaskan oleh panas bumi  (geothermal) dengan temperatur 52-55 derajat Celsius,  Air panas Sipatn lotup termasuk andalan wisata kabupaten Sanggau, namun belum banyak yang mengetahui potensi wisata ini, sehingga belum banyak yang mengunjungi sumber air panas yang unik ini.  Kedepannya sumber air panas ini dapat dikembangkan atau ditata sehingga memiliki kesesuain dan intergrasi antara satu dengan lainnya berupa tempat pemandian air panas, sarana dan prasarana lainnya, tempat parkir tempat penggantian pakaian,warung rakyat, pendopo, taman bermain.

 photo-0158

Kolam ini terletak di kampung Peruntan, Desa Sape, Kecamatan Balai Sebut, Kabupaten Sanggau, Provinsi Kalimantan Barat, sekitar 6 jam perjalanan dari Pontianak. Ada dua rute yang bisa ditempuh dari kota Sanggau menuju tempat ini, yaitu melalui jalur Sanggau – Kembayan – Jangkang dengan jarak tempuh kurang lebih 168 Km dari Pusat Kota Kabupaten Sanggau. Sedangkan melalui jalur Sanggau – Mukok – Jangkang dapat ditempuh dengan jarak kurang lebih 70 Km. Jalur transportasi dapat dilalui dengan kendaraan roda Empat dan Roda dua. Dengan menempuh perjalanan kurang lebih 3 jam perjalanan maka pesona kawasan wisata Sumber air panas dapat dinikmati dengan kesegaran alami.

Seperti diketahui, semakin dalam letak batu-batuan di dalam perut bumi, semakin meningkat pula temperatur batu-batuan tersebut. Air merembes ke dalam kerak bumi yang sangat dalam, dan dipanaskan oleh permukaan batu yang panas. Air yang sudah dipanaskan keluar berupa sumber air panas.

Baca Artikel Lainnya :  Perbatasan Negara Indonesia dan MalaysiaAir terjun Pancur Aji SanggauLomba Layang-Layang HiasLomba Sampan Hias

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *