Menu

Wisata Alam Gunung Poteng Singkawang Kalimantan Barat

Gunung Poteng adalah salah satu kawasan yang termasuk dalam hutan Cagar Alam Raya Pasi dengan luas 3.700 ha yang telah ditetapkan sesuai SK Menhut Nomor 111/Kpts-II/1990 pada tanggal 20 Mei 1978 ini memiliki beraneka ragam pesona alam yang indah. Merupakan tempat wisata alam bagi yang menyukai hobi berpetualang menjelajah hutan. Di kawasan inilah tempat tumbuhnya bunga rafflesia tuan mudae, anggrek singkawang (Dendrobium Singkawangense), bunga law belacan (Rhizanthes Zippelii) serta berbagai jenis fauna seperti beruang madu, trenggiling dan landak. Gunung ini menyimpan kekhasan flora seperti Bungai Bangkai (Amorphopallus sp), Bunga Padma Raksasa (Rafflesia Tuan Mudae), Bunga Bintang (Rizhantes Zepelii), dan aneka ragam anggrek yang dilindungi. Beruang madu, trenggiling, dan landak adalah fauna penghuni Gunung Poteng.

gunung poteng
Gunung Poteng adalah tempat wisata alam yang sangat menarik untuk di kunjungi serta sering menjadi media untuk para pendaki dan penjelajah hutan mengekspresikan hobi bertualangnya. Dulunya, Gunung Poteng yang letaknya hanya 9 kilometer sebelah timur Kota Singkawang ini kondisinya masih dalam keadaan alami. Namun, saat ini sejumlah kerusakan ekosistem dan habitat terjadi di kawasan tersebut yang disebabkan penebangan yang dilakukan secara ilegal tanpa memikirkan dampak sosialnya bagi kelangsungan mahluk hidup lainnya.Selain itu, kurangnya perhatian terhadap kawasan Gunung Poteng, membuat pengunjung kurang betah berlama-lama, seperti rusaknya infrastruktur jalan menuju lokasi dan sarana pendukung lainnya untuk pengembangan kawasan. Sehingga hal ini menjadi agenda Pemkot Singkawang untuk lebih memperhatikannya.Sebab keaslian alam serta keunikan yang terdapat di kawasan tersebut akan menjadi daya tarik tersendiri bagi para investor untuk menanamkan modalnya yang dapat menimbulkan multiplier effect bagi pembangunan daerah sehingga kesejahteraan masyarakat terwujud.poteng-2

salah satu wisata Alam yang indah di Kota Singkawang, Kalimantan barat, Indonesia yang memiliki berbagai fasilitas seperti :

  • Penginapan desa
  • Pemandangan Alam pegunungan
  • Restoran & Cafe kampung
  • Kolam Pemandian
  • Sungai Alami indah
  • DLL.

Bulan November sampai dengan Januari, adalah saat yang tepat untuk berwisata sekaligus menikmati kuliner durian Poteng. Tersedia pondok-pondok penunggu durian, banyak wisatawan dari berbagai daerah berkunjung untuk menikmati buah durian asli Poteng yang memiliki kenikmatan rasa tersendiri, didukung segarnya hawa pegunungan.
DSC_0772Kerusakan ekosistem dan habitat disebabkan oleh penebangan liar di Gunung Poteng, menjadi masalah yang menghantui kelestarian alamnya. Keaslian dan keaneragaman hayati dari Gunung Poteng harus tetap dijaga,  potensi ini merupakan salah satu penghasilan dari wisata daerah yang dapat meningkatkan taraf hidup masyarakatnya.

Baca Artikel Lainnya : Wisata Alam Kura-Kura BeachWisata Pantai Pasir Pendek Singkawang, Sinka Zoo SingkawangWisata Pantai Mimi Land atau Batu Payung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *