Menu

Wisata Alam Pulau Sempadi

Pantai Tanjung Dambus/Pulau Sempadi adalah salah satu dari banyak destinasi wisata eksotis di Kalimantan Barat. Objek wisata ini tercatat secara administratif berada dalam wilayah desa Kuala Tolak, kecamatan Matan Hilir Utara, kabupaten Ketapang, provinsi Kalimantan Barat. Jarak lokasi ini dengan kota Ketapang sejauh lebih kurang 60 km. Untuk mengakses objek wisata Pantai Tanjung Dambus/Pulau Sempadi ini pengunjung harus melalui perjalanan darat dan air. Untuk perjalanan darat selama lebih kurang 90 menit ditempuh dari kota Ketapang menuju pelabuhan kota Ketapang, kemudian dilanjutkan lebih kurang 30 menit berikutnya dengan kapal klotok atau motor air menuju gugusan Pulau Sempadi/Pantai Tanjung Dambus. Luas pantai ini sendiri sekitar 100 Ha.

timthumb

Untuk mencapai ke lokasi pantai dapat menggunakan kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat sampai di pelabuhan kota ketapang, kemudian dilanjutkan dengan kapal klotok / motor air menuju gugusan pantai Tanjung Dampus dengan waktu tempuh sekitar 90 menit melalui jalan daratan, dan 30 menit melalui jalan perairan.
pantai_terluar
Pantai tanjung dampus mempunyai luas sekitar 100 ha. Fasilitas yang ada di pantai tanjung dampus, dan berbagai kegiatan yang bisa dilakukan para wisatawan, seperti : melihat Sunset, bird watching, tracking, berenang, penelitian alam, out bond, snorkel, memancing, camping, selancar atau berlayar.
Pantai Tanjung Dampus merupakan pantai yang masih alami dan terdapat masih banyak burung-burung endemik, serta tumbuh-tumbuhan langka.
sempadi

Baca Artikel Lainnya :  Wisata Alam Pulau TemajoKerajaan TayanPantai Pulau Datok, Makam Juang Mandor

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *