Menu

Wisata Tanjung Bajau – Rindu Alam Singkawang Kalimantan Barat

dsc_0242

Tanjung bajau adalah tempat wisata yang baru saja dibuka untuk umum. Tanjung Bajau atau biasa disebut Rindu alam ini terletak di Kota Singkawang. Rindu Alam hanya berjarak 18 km dari wisata Pasir Panjang dan Palm Beach, objek wisata alam yang sudah sangat terkenal di Kalimantan Barat. Lokasinya terletak diantara Gunung Bajau, Gunung kota dan Gunung Pelapis. Rindu alam berada pada ketinggian sekitar 400m dari permukaan laut.

Untuk mencapainya, setiap pengunjung akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp. 10.000 per orang. Pengunjung juga harus melalui jalanan panjang yang berkelok-kelok sebelum mencapai puncak taman ini. Tapi jangan khawatir, karena kini jalanan yang membentang sudah mulus akibat sentuhan pembangunan yang sangat memanjakan objek wisata ini.

Berada di ketinggian 400 m di atas permukaan laut, sensasi hawa dingin akan langsung terasa bagi mereka yang telah berhasil tiba di puncak Taman Rindu Alam ini. Dari puncak inilah, kita dapat melihat keindahan panorama pariwisata alam Kota Singkawang. Mulai dari pemandangan kota yang dihiasi warna-warni seribu kelenteng, pemandangan hamparan pasir beberapa pantai indah yang terletak di Kota Singkawang hingga pemandangan rimbun dan hijaunya tiga puncak gunung yang mengawal Taman Rindu Alam. Jelas sebuah pemandangan yang luar biasa.
Namun, tak ada yang lebih fenomenal selain menyaksikan perubahan warna langit dari puncak Taman Rindu Alam ketika masa matahari tenggelam tiba. Paduan warna-warna merah, kuning hingga ungu yang menebar pesonanya di langit luas membuat suasana Taman Rindu Alam serasa bagaikan sebuah lukisan abstrak yang perlahan akan memberikan perasaan romantis bagi setiap orang yang memandangnya. Pemandangan matahari terbenam di Taman Rindu Alam adalah sebuah pengalaman yang sangat menakjubkan. Selain itu, Rindu Alam menyediakan gazebo yang terletak di bibir jurang. Melalui gazebo yang terbuat dari kayu ini Anda bisa melihat kota Singkawang, hutan dan laut Natuna.

Pantai Tanjung Bajau Singkawang 2
Tanjung Bajau merupakan tanjung dengan bebatuan dan pasir yang menghubungkan Pantai Pasir Panjang dan Sinka Island Park dan juga merupakan kaki dari bukit Rindu Alam. Di lokasi wisata ini terdapat beberapa permainan air yang menarik untuk di coba. Beberapa patung hewan laut juga menjadi penghias yang membuat suasana pantai terkesan alami dan ramai. Di tanjung ini terdapat Pantai Pasir Pendek. Sesuai namanya, ujung pantai pasir dapat dilihat dengan jarak yang tidak jauh. Ombak di pantai ini sangat bersahabat sehingga aman bagi anak-anak untuk bermain dan berenang. Bebatuan yang berjajar hingga cukup jauh ke laut juga tak kalah membuat tempat ini menjadi menarik. Bagi wisatawan yang hobi memancing, tempat ini juga dipenuhi dengan ikan dan udang yang banyak terdapat diantara bebatuan dan dasar laut.

Pantai-Tanjung-Bajau-Singkawang

Baca Artikel Lainnya : Wisata Pasir Panjang Indah Singkawang, Oleh-oleh Khas Pontianak, Rumah Bentang, Rumah Radangk

One Comment
  1. leni 16/06/2015

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *